Perkembangan
teknologi di dunia ini yang sangat pesat sangat berpengaruh dalam dunia
pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu
pengetahuan yang memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar
mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak
menutup kemungkinan bahwa alat-alat yang digunakan tersebut sesuai dengan
perkembangan dan tuntutan zaman.
Guru
dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang
akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus
memiliki pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari
beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat
memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis komputer.
Pada dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran
yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan
akademik dengan konteks teknologi.
Melalui
sistem komputer kegiatan pembelajaran dilakukan secara tuntas (mastery
learning), maka guru dapat melatih siswa secara terus menerus sampai
mencapai ketuntasan dalam belajar. Latihan yang diberikan guru dimaksudkan
untuk melatih keterampilan siswa dalam berinteraksi dengan materi pelajaran
dengan menggunakan komputer terutama dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan.
Dalam latihan, siswa dibiasakan untuk menggunakan komputer seoptimal mungkin
dan membentuk kebiasaan yang dapat memperkuat daya tanggap siswa terhadap
materi pelajaran yang diterimanya. hal ini dikarenakan dengan melalui
pembelajaran berbasis komputer, siswa akan secara cepat dapat memperoleh
penguasaan dan keterampilan yang diharapkan.
0 komentar:
Posting Komentar